Peresmian Kampung Tangguh Desa Sekida  Jagoi Babang Oleh  Plh. Bupati Bengkayang

Peresmian Kampung Tangguh Desa Sekida Jagoi Babang Oleh Plh. Bupati Bengkayang

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkayang, Obaja, SE., M.Si. Meresmikan Kampung Tangguh Perbatasan di Dusun Belida’, Desa Sekida’, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, pada hari Selasa tanggal 14 Juli 2020 bersama dengan Kapolres Bengkayang  AKBP NB. Darma, S.I.K.,MH

Dalam sambutannya, Plh. Bupati menyampaikan perlunya sinergitas seluruh stakeholder Pemerintah menjalankan program Pemerintah agar kemakmuran masyarkat tercapai. Dalam sambutannya Plh. Bupati juga menyampaikan Kriteria Kampung Tangguh sudah baik, namun perlu ditingkatkan semua kriteria tersebut dan untuk pembangunan fisik agar disinergikan bersama. Setelah kampung tangguh sudah maksimal, maka akan ditingkatkan menjadi Kecamatan Tangguh, Bahkan Kabupaten Tangguh, katanya.

Pada tahun ini Plh. Bupati juga berharap Kecamatan harus menjadi pusat informasi atau pusat data sehingga baik Pemerintah Kabupaten, Propinsi dan Pusat mudah mendapatkan informasi hingga ke Desa, oleh karennya Desa diharapkan mudah merecord kegiatan Desa sehingga laporan/data mengenai Jalan, Listrik, status jalan, air bersih mudah didapat olh seluruh masyarakat. Pada kesempat ini juga Plh. Bupati Bengkayang mengingatkan  Kepala Desa lain mengikuti cara-cara Desa Sekida, supaya menjadi pilot projek, agar kedepan bukan hanya desa Se-kecamatan Jagoi Babang yang tangguh, namun juga diikuti desa-desa lain. Hal lain yang juga ditekankan oleh Plh. Bupati adalah adanya inovasi dan kreatifitas BUMDes dalam mengelola kegiatannya.


Kapolres Bengkayang AKBP NB. Darma, S.I.K.,MH yang turut hadir diperesmian Kampung Tangguh tersebut menyatakan, bahwa Kampung Tangguh berawal dari daerah Jawa. Berdasarkan kajian oleh peneliti terkait, hasilnya sangat baik positif sehingga secara serentak Kapolri Launcing Kampung tangguh pada hari senin 6 Juli 2020.

“Di Polda Kalbar, seluruh Polres menentukan 1 Polsek sebagai pilot project untuk membentuk Kampung Tangguh Covid-19,” ucap Kapolres.

Terkait tujuan di dirikannya Kampung Tangguh, Kapolres Bengkayang mengatakan bahwa tujuan  adalah untuk antisipasi penyebaran Covid-19 agar masyarakat berperan serta untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kedepan, setiap desa akan membentuk Kampung Tangguh, bersinergi dengan program pemerintah,” tutur Kapolres.


Sementara itu, Sujianto selaku Kepala Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, berterima kasih sebesar-besarnya kepada Forkopimda Kabupaten Bengkayang dan Forkopimcam Kec. Jagoi Babang khususnya Kapolsek Jagoi Babang dan jajaran karena telah mendukung terwujudnya kampung tangguh Dusun Belida, Desa Sekida.

“Kampung tangguh merupakan langkah sistemik dalam melawan pandemi Covid-19 yang bertumpu sepenuhnya pada gotong royong masyarakat terendah ditingkat Dusun atau kampung,” ucap Sujianto.

Tinggalkan komentar