Plt. Bupati Buka Kegiatan Sosialisasi Saber Pungli

Sekretariat Daerah, Bengkayang – Plt. Bupati Bengkayang, Agustinus Naon, S.Sos membuka kegiatan sosialisasi Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) diwilayah Kabupaten Bengkayang, Kamis (31/10) di Aula V Kantor Bupati.

Pada kegiatan yang turut dihadiri Ketua DPRD, Sekda, Forkompinda, UPP, Camat serta Kepala Desa tersebut, Plt. Bupati menyebutkan tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi san menyamakan persepsi dalam pemberantasan pungli.

“Sehingga dapat membangun komitmen bersama dalam pemberantasan Pungli,” ungkapnya.

Pemberantasan Pungli ini merupakan salah satu agenda strategis pemerintah dalam bidang hukum guna memulihkan kepercayaan publik, menciptakan keadilan dan kepastian hukum. Adapun komitmen Pemerintah dalam memberantas Pungli ini diantaranya dengan diterbitkan Perpres Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satgas Saber Pungli dan ditindaklanjuti dengan Keputusan Bupati Bengkayang Nomor 525/ITKAB/Tahun 2016 sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Bupati Bengkayang Nomor 194/ITKAB/Tahun 2018 Tentang Satgas Saber Pungli dan diperbaharui dengan SK Bupati Nomor 178/ITKAB/Tahun 2019 Tentang Satgas Saber Pungli.

Melalui kesempatan ini, Plt. Bupati meminta Satgas yang dibentuk dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan. Satgas juga dapat memberikan rekomendasi kepada Pemda untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan Pungli. (*).